KAKANWIL KEMENAG KUNJUNGI MAN 1 KOTA PAYAKUMBUH

Payakumbuh, (Inmas) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri melaksanakan kunjungan kerja ke Luak Limopuluah yang berisi serangkaian kegiatan pada 25 September 2019. Salahsatu di antaranya adalah mengunjungi MAN 1 Kota Payakumbuh dengan agenda meninjau pelaksanaan kegiatan pembangunan gedung workshop keterampilan yang dibiayai dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang dikenal dengan istilah Sukuk Negara Tahun 2019 ini. Di samping itu Kakanwil juga memberikan pembinaan ASN dan Honorer di madrasah tersebut yang bertempat di Kantor Majelis Guru.

Didamping Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh H. Jufrimal bersama beberapa orang pejabat struktural dan fungsional, Kakanwil memberikan arahan dan motivasi bagi insan pendidikan madrasah di Kota Payakumbuh. Ada beberapa hal yang disampaikannya, diantaranya sejarah eksistensi orang Minang Kabau dalam sejarah di tingkat nasional dan internasional seperti Tuanku Imam Bonjol, Siti Manggopoh, Sutan Syahrir, M. Hatta, Buya Hamka, dan H. Agus Salim. Terdapat tiga basis kekuatan orang Minang Kabau yaitu sekolah (pendidikan), pasar (ekonomi) dan surau (agama). Tiga basis ini yang menguatkan orang Minang Kabau dan tiga hal ini pula yang apabila mengalami kemunduran akan menyebabkan kemunduran pula bagi orang Minang Kabau. Lebih jauh pria ramah ini menjelaskan peran madrasah sebagai institusi pendidikan keagamaan dalam membangun umat, terlebih lagi dalam menghadapi tantangan zaman madrasah harus dapat menerapkan integrated curriculum dalam kegiatan pembelajaran yang diwarnai dengan nilai-nilai moral dan agama Islam.

Kepala MAN 1 Kota Payakumbuh, Refinel sangat berterima kasih atas dukungan dan pembinaan yang selama ini dilaksanakan oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama sehingga madrasah semakin mendapat tempat di tengah masyarakat. Peningkatan mutu sarana prasarana dan layanan pendidikan adalah suatu hal yang harus senantiasa ditingkatkan pada masa-masa yang akan datang. Semoga dengan kerjasama semua pihak cita-cita Madrasah Hebat dan Madrasah Bermartabat dapat terwujud, pungkasnya. (Humas)