MENUJU MADRASAH HEBAT DAN BERMARTABAT, MAN 1 KOTA PAYAKUMBUH SIAP KEMBANGKAN PROGRAM VOCATIONAL  DI ERA INDUSTRI 4.0

Dunia saat ini dihadapkan pada era revolusi 4.0 (perubahan teknologi industri) dan  moderasi beragama. Hal ini membutuhkan sebuah pemikiran yang cemerlang dan penuh persiapan matang dalam menjalani pendidikan saat ini. Dunia pendidikan harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Perubahan teknologi industri tidak terbendung semenjak revolusi industri 1.0 di mana tenaga digantikan dengan mesin. Era 2.0 ditandai dengan penggunaan tenaga mesin yang dilengkapi sistem komputer. Era 3.0 ditandai dengan munculnya internet. Seterusnya, era industri 4.0 ditandai dengan dunia digital dan artificial intelligent. Selain  itu, perkembangan era industri 4.0 jadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan saat ini, termasuk Pendidikan Islam. Lembaga dan para guru harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Pada tahun 2020 ini Madrasah dihadapkan pada tantangan yang sangat berat, selain dari semakin menjamurnya lembaga pendidikan yang bergerak di bidang kejuruan.

MAN 1 Kota Payakumbuh selaku satu-satunya Madrasah yang mengembangkan program Keterampilan di Kota Payakumbuh mencoba untuk menjawab tantangan di era ini. Hal ini dibuktikan dengan semakin fokuskannya pendidikan Madrasah ke arah pengembangan program vocational. Pada tahun 2019 lalu, MAN 1 Kota Payakumbuh diberikan sebuah amanah besar dalam menyelesaikan satu gedung dalam menunjang program keterampilan di Madrasah. Pembangunan gedung tersebut melalui dana proyek Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Proses pembangunan gedung tersebut dapat diselesaikan dengan baik pada akhir 2019 dan saat ini sudah dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk proses pembelajaran dalam rangka mengembangkan keahliannya di bidang Teknik Pengelasan, Tata Busana, Agrobisnis dan Holtikultura dan Robotic.

Pada tahun 2020 ini dunia dihadapkan pada sebuah bencana kesehatan yang dikenal dengan pandemi COVID 19. Hal ini sangat berimbas pada dunia pendidikan, termasuk. Sehingga gedung 2 lantai yang sudah di bangun tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal. Namun hal ini tak menyurutkan semangat sivitas MAN 1 Kota Payakumbuh. Prestasi demi prestasi terus di kejar, dan kerjasama dengan dunia Usaha dan industri pun terus dijalin. Begitu juga dengan perguruan tinggi yang nantinya akan menjadi tahapan lanjutan bagi siswa yang akan melanjutkan pendidikannya. Salah satu bentuk kerjasama yang dijalin adalah MOU dengan Politani Negeri Payakumbuh.

Di samping mengembangkan program vocational, MAN 1 Kota Payakumbuh juga selalu berbenah dan meningkatkan prestasinya baik di bidang akademik maupun nonakademik. Pada ajang Madrasah Olympiad Contest “MOC” yang diselenggarakan Edukasi Campus secara online pada tanggal 10 – 11 Oktober 2020, siswa MAN 1 Kota Payakumbuh, Syukri Satria berhasil menorehkan prestasi sebagai peraih medali Perunggu di bidang ilmu Ekonomi. Di ajang yang sama, pada bidang ilmu Ekonomi Terintegrasi yang diselenggarakan pada tanggal 12 – 13 Oktober 2020, Syukri Satria juga berhasil mendapatkan medali Perunggu.

Prestasi gemilang juga berhasil diraih oleh Zikra Maulana, ketua OSIM MAN 1 Kota Payakumbuh yang berhasil menyisihkan ribuan ketua OSIM/OSIS se-Indonesia pada kegiatan Indonesian Student Leadership Camp (ISLC) yang diselenggarakan oleh Human Development Universitas Indonesia. Zikra dinyatakan sebagai 100 peserta terbaik dan berhak mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pengurus OSIM/OSIS terpilih dari seluruh Indonesia yang akan diselenggarakan pada awal 2021 nanti.

Di tahun 2020 juga, prestasi lain juga berhasil dicatatkan oleh siswi terbaik MAN 1 Kota Payakumbuh adalah di bidang Informasi dan Konseling Remaja. Siswa atas nama Cintia Jaelani berhasil menjadi Duta Genre Kota Payakumbuh dan menjadi runner up III pada ajang yang sama di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Kepala MAN 1 Kota Payakumbuh, Muhammad Suhardi, mengapresiasi pencapaian yang sudah ditorehkan MAN 1 Kota Payakumbuh tersebut dan berharap ke depannya seluruh Sivitas Akademika MAN 1 Kota Payakumbuh dapat meningkatkan kompetensinya di segala lini dalam rangka mewujudkan madrasah modern yang senantiasa giat dalam mengembangkan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman sesuai dengan visi dan dan misi madrasah.