OSIM / MPK MAN 1 KOTA PAYAKUMBUH PERIODE 2020 / 2021 GELAR LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN ( LDK )

Payakumbuh-Inmas. Pengurus OSIM / MPK MAN 1 Kota Payakumbuh berjumlah 33 orang mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ) yang merupakan salah satu agenda tahunan di MAN 1 Kota Payakumbuh. Namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya LDK kali ini diadakan di luar sekolah, tepatnya di Boenta Homestay, Sarasah Boenta, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota. Kegiatan pelatihan ini diadakan selama dua hari, pada hari Sabtu tanggal 3 April 2021 hingga Minggu 4 April 2021. Yang mana kegiatan ini bertujuan untuk melatih karakter kepemimpinan dalam diri pengurus OSIM/MPK MAN 1 Kota Payakumbuh.

Kegiatan pelatihan kali ini dipandu oleh narasumber dari KAMPUNG KITA ( Komunitas Anak Muda Peduli Kampung Kreatif Intelektual Tangguh Agamais ) yaitu Yengki Otrio dan rekan-rekan. Pada hari Sabtu 3 April 2021, pukul 09.00 WIB, dan hadir juga Kepala Madrasah Muhammad Suhardi, KAUR TU Ihda Wahyuni ,Waka Kesiswaan Iswandi, Waka Kurikulum Devi Sulastri dan Waka Humas MAN 1 Kota Payakumbuh Agus Darman didampingi oleh Pembina Osim Suske Khairati dan beberapa majelis guru, membuka kegiatan pelatihan ini secara resmi dengan didahului pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Anggi Septia Maharani. Dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang dasar kepemimpinan, komunikasi dalam organisasi dan manajemen organisasi oleh narasumber dari KAMPUNG KITA.

Kegiatan ini juga diisi dengan materi dari Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz. Bapak Wawako menyampaikan bahwa “Untuk meraih kesuksesan terdapat 5 kiat yang harus dilakukan, yaitu miliki sebuah mimpi, cari idola, tingkatkan kompetensi dan pahami teknologi, rancang sebuah buku impian dan tentukan tujuan hidup jangka panjang, maka kamu akan meraih kesuksesan”

Pada hari kedua Minggu 4 April 2021, peserta pelatihan melaksanakan kegiatan outbound yang diisi dengan permainan-permainan guna meningkatkan kerjasama, konsentrasi dan kekompakan yang dipandu langsung oleh Instruktur dari KAMPUNG KITA. 

Kegiatan ini ditutup secara langsung oleh Kepala MAN 1 Kota Payakumbuh Muhammad Suhardi. Beliau menekankan “Bapak berharap semoga setelah adanya kegiatan ini, menjadi pelecut agar mengoptimalkan kinerja OSIM/MPK MAN 1 Kota Payakumbuh untuk satu tahun kedepan” Kepmad juga menambahkan “Jadikanlah cemoohan-cemoohan yang diterima, ibarat lemparan batu bata, guna membangun sebuah rumah dan tinggal di dalamnya. Dan semoga ananda semua dapat menjadi teladan bagi siswa/i MAN 1 Kota Payakumbuh”

Selain itu, kami juga sempat berbincang dengan Muhammad Fajri selaku ketua OSIM MAN 1 Kota Payakumbuh. “Saya sangat senang karena kegiatan LDK 21 ini berjalan dengan lancar, dan kepada seluruh pengurus OSIM/MPK MAN 1 Kota Payakumbuh saya sangat berharap, dengan adanya materi-materi yang telah disampaikan dalam kegiatan ini, mampu menguatkan karakter masing-masing pribadi dalam berorganisasi, dan menjadi batu loncatan dalam mengemban tugas satu tahun kedepan. Jaya MAN 1 Vocapay!” ujar siswa Kelas XI yang baru di angkat jadi ketua OSIM MAN 1 Kota Payakumbuh untuk periode 2021/2022 ini.

Di akhir acara peserta pelatihan mengungkapkan bahwa mereka bangga dapat menjadi bagian dari pengurus OSIM/MPK MAN 1 Kota Payakumbuh dalam kegiatan LDK kali ini, dan setelah diadakannya kegiatan pelatihan ini, mereka berjanji akan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Penulis : Rendi