Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Payakumbuh. Mempersiapkan diri dalam pelaksanaan dan implementasi kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2022/2023, MAN 1 Vocational Payakumbuh menyekenggarakan pelatihan implementasi kurikulum merdeka. Sebelumnya MAN 1 Vocatioan Payakumbuh ditunjuk sebagai salah satu madrasah pilot project untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka pada tahun ajaran ini. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan MAN 1 Payakumbuh, ditambah dengan sejumlah mahasiswa praktek dari UNP dan UIN Imam Bonjol Padang. Narasumber pada kegiatan ini adalah Wilia Zuerni yang merupakan kepala SMAN 1 Tilatang Kamang, salah satu sekolah penggerak angkatan pertama tahun 2021.

Dalam pelatihan ini, Wilia Zuerni memaparkan semua karakteristik dari kurikulum merdeka yang akan diimplementasikan mulai tahun pelajaran 2022/2023. Kurikulum merdeka yang lahir salah satunya disebabkan karena situasi pandemic covid-19, memeliki karakter yang sangat fleksibel dibandingkan Kurikulum 2013, dimana pengaturan alur pembelajaran, metode, serta muatan pembelajaran diserahkan kepada satuan pendidikan. Kurikulum merdeka juga memiliki karakteristik yang berbasis kepada kegiatan intrakurikuler berupa kegiatan pembelajaran di dalam kelas, serta co-kurikuler yang lebih akrab dikenal dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Kepala MAN 1 Payakumbuh, Muhammad Suhardi mengharapkan kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan dengan seksama agar implementasi kurikulum merdeka yang akan diterapak di MAN 1 Payakumbuh dapat terleksana se-efektif mungkin. Beliau mengajak semua guru untuk tidak segan bertanya dan mengulik semua hal yang ingin dan perlu diketahui terkait kurikulum Merdeka. Pelatihan ini diharapkan bisa memberikan kesiapan bagi guru, baik secara konsep, materi, dan administrasi, untuk menghadapi dan menjalankan kurikulum merdeka pada tahun ajaran baru ini.