MAN1VocaPay Humas – Peringatan Hari Santri Nasional 2023 berlangsung meriah di MAN 1 Kota Payakumbuh, Selasa (24/11). Kegiatan yang diawali dengan kirab yang melewati rute jalan-jalan utama seputaran madrasah, dibuka langsung oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kementerian Agama Kota Payakumbuh, H.Jufrimal. Didampingi Kepala Madrasah, H. Muhammad Suhardi, peserta Kirab dilepas pukul 7.30 WIB. Acara yang melibatkan seluruh siswa, majelis guru, dan seluruh karyawan MAN 1 Kota Payakumbuh itu diiringi oleh tim Marchingband MAN 1 Kota Payakumbuh.

Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, bertujuan untuk mengenang perjuangan para santri dan ulama dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 2023, Kementerian Agama Republik Indonesia mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” untuk peringatan Hari Santri Nasional. Tema ini dipilih untuk mengingatkan kembali peran besar santri dalam memajukan bangsa dan negara. Jihad santri dalam memajukan bangsa dan negara tidak hanya dilakukan melalui perjuangan fisik, tetapi juga melalui perjuangan intelektual. Santri harus terus belajar dan mengembangkan ilmunya agar dapat bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara. Demikian sambutan Kasi Penmad Kementerian Agama Kota Payakumbuh dihadapan ratusan siswa ketika membuka acara.

Adapun tujuan kirab dilaksanakan adalah sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan budaya pesantren kepada masyarakat, seperti pakaian khas santri, kesenian pesantren, dan nilai-nilai islam yang diajarkan di pesantren atau madrasah. Para siswa berjalan kaki dengan pakaian gamis. Di samping itu, sholawat nabi yang dilantunkan selama perjalanan menambah kesakralan dan semangat peserta kirab.

Setelah kegiatan kirab, acara peringatan hari santri dilanjutkan dengan lomba sholawat antar kelas. Disampaikan Kepala Madrasah, H. Muhammad Suhardi dalam sambutannya, bahwa diadakannya lomba sholawat ini adalah bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan santri madrasah terhadap sholawat, sebagai ungkapan cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

MAN 1 Kota Payakumbuh, Madrasahnya para Santri. (RN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *